Kali ini kami berbagi sedikit tips cara memilih rak gudang yang tepat untuk Anda, melengkapi artikel kami sebelumnya, Tips Memilih Rak Gudang. Anda bisa membaca ulasan kami sebelumnya di http://www.new2.duniarakgudang.com/article/tips-memilih-rak-gudang-yang-tepat.

Banyak dari klien kami kebingungan memilih jenis rak gudang apa yang cocok untuk gudang mereka, terlebih bagi mereka yang belum terbiasa dengan rak gudang jenis heavy duty atau medium duty. Menjawab kebutuhan tersebut, kami coba tampilkan tips dan hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih jenis rak gudang tertentu untuk gudang, karena bila salah memilih, aktivitas gudang Anda dapat terhambat karenanya.

1. Banyaknya volume barang
Bila barang Anda disimpan dalam kotak/karton, Anda dapat memilih jenis rak double deep atau rak drive in, atau rak pallet flow, rak push-back. Rak-rak ini dapat memuat karton/kotak lebih banyak.

2. Ketahui bagaimana akses ke pallet Anda
Bila Anda harus sering mengakses pallet tertentu setiap saat, tipe double deep kurang cocok untuk gudang Anda. Lebih baik Anda memilih rak Selective Pallet.

3. Sistem penyimpanan gudang Anda (FIFO atau LIFO)
Jika sistem gudang Anda FIFO (First In First Out) – barang yang pertama masuk dan keluar, pertimbangkanlah untuk memilih jenis rak gudang pallet flow. Boleh saja memilih rak jenis double deep, namun di gudang FIFO double deep akan menimbulkan ketidakefisienan aktivitas pengambilan barang.

4. Ketahui bagaimana barang keluar dari gudang Anda
Bagaimana barang-barang disimpan dalam gudang Anda ? Apakah Anda mengambil barang dari pallet atau box ? Atau Anda mengambil barang dari tumpukan barang ? Jika barang keluar dengan diambil dari tumpukan barang, rak dengan sistem pallet akan kurang cocok. Lebih memungkinkan Anda memilih jenis rak seperti meja lebar, yaitu rak Mezzanine plat form/structural plat form mezzanine.

5. Ruang pengoperasian forklift
Pemakaian forklift sangat penting untuk rak-rak jenis drive-in, drive-thru, double deep pallet. Pastikan pada saat pemakaian forklift, ada ruang yang cukup luas untuk forklift dapat berputar/mengakses barang-barang dalam rak. Dengan demikian akan mengurangi kerusakan rak dan barang, meningkatkan keselamatan kerja. Bila gudang Anda kurang luas, pilh rak sederhana seperti Longspan.

6. Periksa ukuran pallet
Bila ukuran pallet Anda berbeda-beda, pilih rak yang dapat dipasang komponen penolong, seperti selective pallet dan double deep. Perbedaan ukuran pallet sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kesalahan operasional dan kemungkinan rusaknya rak dan barang. Rak yang kurang cocok bila ukuran pallet Anda berbeda adalah LongSpan.

7. Keadaan alam di sekitar gudang gudang (apakah daerah sering gempa)
Rak gudang di daerah sering gempa diusahakan tidak terlalu tinggi. Rak yang cocok bertipe Longspan, karena dimensinya panjang melebar daripada struktur tinggi ke atas, seperti selective pallet rack.

8. Hitung kebutuhan listrik/penerangan di dalam gudang
Penerangan yang cukup dalam gudang akan meningkatkan ketepatan aktivitas, mengurangi kerusakan rak dan meningkatkan produktivitas. Rak jenis multitier memerlukan penerangan relatif lebih banyak daripada jenis rak gudang lainnya, karena perlu pemasangan lampu-lampu hampir di setiap sudutnya.

9. Iklim di lingkungan gudang Anda
Iklim dan lingkungan gudang Anda lembab atau panas berdebu ? Jika Anda perlu untuk selalu menjaga kebersihan barang dalam gudang, pilih rak jenis memanjang dan tidak ke atas, Long Span Rack, sehingga pembersihan rak dari debu akan mudah dilakukan setiap saat diperlukan.

10. Kapasitas pallet
Jangan hanya memperkirakan berapa berat maksimal pallet Anda, timbanglah! Karena pallet itu akan ditaruh dalam rak-rak Anda. Dengan demikian Anda akan terhindar dari kesalahan menaruh barang di atas kapasitas pallet. Pilihlah rak heavy duty bila berat maksimal pallet Anda diatas 500 kg, pilih rak medium jika beratnya antara 250-500 kg dan light duty untuk berat pallet dibawah 250 kg.

Demikian info dari kami. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda semua dalam memilih jenis rak gudang.
Kami siap melayani kebutuhan gudang Anda, khususnya supply rak gudang dan jasa bongkar pasang rak gudang.

Hubungi segera Sales Manager kami:
Glenn: 0812 19777741, 0877 81016577
Kantor: 021-29330090

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.