Cara Menata Barang Pada Rak Gudang Paling Mudah
Cara Menata Barang Pada Rak Gudang Paling Mudah

Cara menata barang, mengelola stok barang yang ada di gudang pada penataan rak gudang pada dasarnya sangat mudah. Namun jika tidak dilakukan oleh orang professional dan berpengalaman tentu hal ini akan sangat menyulitkan. Apalagi jika gudang tidak hanya satu namun memiliki cabang dimana-mana. Atau produk yang disimpan jumlahnya hingga ribuan, pastinya hal ini akan sangat memusingkan.

Agar dapat mengatasi kesulitan dalam penataan barang, maka kali ini Kami akan berbagi sedikit informasi cara sederhana dalam mengelola stok barang. Anda harus baca informasi ini untuk memudahkan Anda dalam mengelola penataan barang gudang. Berikut adalah informasinya untuk Anda :

  • Persiapkan Data Seakurat Mungkin

Sebelum melakukan penataan barang, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan persiapan data. Tugaskan individu secara khusus yang bertanggung jawab dalam melakukan pencatatan. Pastikan data yang dibuat adalah data yang seakurat mungkin seperti input stok masuk, stok keluar. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan program pendukung untuk mendapatkan data yang paling akurat.

Didapatkannya data yang akurat tentu saja akan memudahkan dalam menentukan target pemasaran di periode yang akan datang berdasarkan data sebelumnya. Meskipum biasanya beberapa perusahaan menggunakan sistem pre order, namun Anda juga harus melakukan diskusi dan berkonsultai untuk menentukan angka persediaan stok.

  • Membuat Forecast Persediaan

Setelah dilakukan pengumpulan data input dan output barang, langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuat forecast. Forecast adalah perkiraan persediaan stok barang berupa jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini. Membuat forecast bukanlah hal yang mudah bila Anda memiliki penjualan produk yang bermacam-macam. Karena pembuatan forecast juga harus menentukan jumlah peritem.

  • Lakukan Pengecekan Sebelum Barang Disimpan

Apabila Anda akan memasukkan barang pada rak, pastikan Anda melakukan pengecekan barang terlebih dahulu. Pengecekan ini dilakukan sebelum pemberian kode agar andabisa mengetahui ada tidaknya barang yang dicatat dalam tumpukan stok barang. Pengecekan ini juga bisa membantu untuk mengetahui barang mana yang mengalami kecacatan, salah produksi, dan kesalahan lainnya sebelum memutuskan untuk menyimpannya.

Khusus untuk barang-barang yang cacat, Anda bisa mengumpulkannya ke dalam satu tempat khusus, jangan lupa untuk memberi tanda atau catatan kecil mengenai keterangan cacat.

  • Memberikan Kode di Setiap Barang

Selanjutnya adalah melakukan pemberian kode pada setiap barang untuk membantu dalam penjualan barang. Sebagai contoh apabila pelanggan ingin membeli barang dengan warna tertentu, Anda bisa dengan langsung paham warna barang dari kode yang Anda berikan pada barang. Jika barang tidak diberikan kode, maka transaksi yang dilakukan juga akan sangat sulit  dan dapat mengurangi citra perusahaan di mata pelanggan. Selain itu, adanya kode juga bisa memudahkan dalam mengumpulkan barang berdasarkan kode.

  • Pisahkan Stok Baru dan Stok Lama

Mencampur adukkan stok baru dan lama hanya akan membuat bingung saat pengambilan barang juga dalam pencatatan stok barang. Maka dari itu ada baiknya Anda memisahkan stok lama dan stok baru untuk memudahkan dalam perhitungan jumlah stok lama yang terjual dan yang belum. Bisa juga Anda membuat tempat khusus, atau tanda khusus yang membedakan stok baru dengan yang lama.

Cara inilah yang bisa Anda praktekkan dalam memudahkan penataan barang pada rak gudang. Diharapkan dengan cara tersebut, bagi Anda yang baru menggeluti bisnis ini akan lebih mudah dalam penataan barang. Juga memudahkan saat terjadinya transaksi penjualan produk.

Bagi Anda yang ingin menata barang di gudang, belum memiliki rak gudang yang berkualitas untuk penataan barang lebih cepat. Butuh konsultan yang bisa memberikan solusi terhadap penataan rak gudang, dan juga pembuatan rak gudang percayakan saja pada Kami. Karena Kami CV.Anugerah Trans Service siap memberikan solusi terhadap masalah rak gudang di tempat Anda. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

error: Content is protected !!