Cara Menghitung Berapa Banyak dan Tipe Rak Gudang Sesuai Kebutuhan

Cara Menghitung Berapa Banyak dan Tipe Rak Gudang Sesuai Kebutuhan

Metadeskripsi: Tipe rak dan juga luas ruangan menentukan jumlah dari rak yang akan digunakan.

Sebelum memutuskan untuk membangun gudang untuk menyimpan banyak barang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama jumlah barang atau produk yang akan disimpan di sana. Pertimbangkan juga kecepatan barang masuk dan keluar agar bisa dimaksimalkan.

Selanjutnya Anda juga wajib memperhitungkan berapa luas dari gudang lalu bagaimana ukurannya. Apakah memajang, kotak atau bentuk lainnya. Terakhir dan paling penting adalah menghitung banyaknya rak dan juga tipenya yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang dengan baik.

  1. Besar Ruangan yang Dimiliki

Besar ruangan yang Anda miliki menentukan jumlah rak yang akan berada di dalamnya. Semakin luas ruangan yang Anda miliki, semakin banyak pula rak yang bisa dbuat. Apalagi jenis rak yang digunakan tidak terlalu besar dan digunakan untuk menyimpan produk yang tidak terlalu berat atau cukup ringan.

Kalau produknya cukup berat, tentu butuh kerangka rak yang lebih lebar dan kuat. Dampaknya, rak akan memakan ruang lebih banyak. Pertimbangkan jenis rak yang akan Anda pesan dengan luas ruangan. Lakukan konsultasi dengan perusahaan bongkar pasang agar pemasangan sesuai keinginan.

  1. Kekuatan dari Rak

Kekuatan dan dari berbeda-beda dan jenis raknya pun juga beragam. Ada jenis rak light duty untuk menampung barang dengan berat cukup kecil. Selanjutnya ada juga rak medium duty untuk benda berat sedang, dan yang terakhir ada jenis heavy duty untuk jenis barang yang sangat berat.

Untuk jenis heavy duty sendiri terbagi menjadi selective pallet racking, drive -in pallet racking, multitier racking, hingga mezanin racking/structure. Pertimbangkan juga perusahaan yang jual rak heavy duty terima beres. Biasanya harga yang dipatok lebih murah meski kualitasnya tidak menurun.

  1. Ruangan untuk Pengangkutan

Pertimbangkan juga ruangan untuk pengangkutan. Kalau barang yang disimpan tidak terlalu berat, kemungkinan besar ruangan di sela-selanya tidak lebar. Namun kalau barangnya berat, tentu butuh alat untuk mengangkutnya. Untuk jenis ini ruangan di sekitar rak akan lebih lebar karena dilewati kendaraan pengangkut.

  1. Ketinggian dari Rak

Kalau rak memiliki ketinggian cukup panjang ke atas dan pallet berlapis-lapis untuk racking, kemungkinan besar Anda tidak perlu rak terlalu banyak. Pemanfaatan rak berada di atas daripada ke samping. Meski demikian Anda tidak bisa asal membuat rak yang terlalu tinggi, apalagi barang yang disimpan sangat berat.

  1. Pallet untuk Racking

Setelah memiliki rak yang sesuai dengan kebutuhan, Anda juga tetap butuh pallet yang digunakan untuk racking. Pallet ini biasanya terbuat dari kayu yang sangat kuat dan bisa disesuaikan dengan ukuran dari rak. Biasanya jenis heavy duty menggunakan rak jenis ini untuk menata barang dan disusun dari atas ke bawah bergantung dengan berapa susun lapisan rak.

Pallet biasanya terdiri dari beberapa lapisan kayu dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau produk yang disimpan di sini cukup berat, pallet yang berlapis-lapis dibutuhkan. Dampaknya, susunan dari rak tidak akan banyak dan butuh lebih banyak deretan rak kalau Anda menyimpan produk lebih banyak.

Demikian cara menghitung kebutuhan dari rak dan mengetahui jenisnya yang tepat untuk gudang yang Anda miliki. Kalau Anda masih bingung dengan masalah penghitungan di atas atau tertarik untuk melakukan konsultasi mengenai sistem rak gudang, bisa menghubungi secara langsung CV. Anugerah Trans Service. Anda bisa melakukan chat langsung di nomor WhatsApp 081292200677 dan 087781016577. Klik langsung di tombol chat WA atau tombol telepon yang ada di web kami ini.

error: Content is protected !!