Cara Mudah Dan Praktis Penyimpanan Barang di Gudang Dengan Sistem FIFO
Cara Mudah Dan Praktis Penyimpanan Barang di Gudang Dengan Sistem FIFO

Anda pemilik gudang, kepala pengelola gudang pasti sudah tidak asing dengan berbagai permasalah penyimpanan gudang bukan? Mulai dari masalah penataan rak gudang yang tidak rapi, pengecekan yang terlalu ribet karena stok barang yang begitu banyak. Maka jika Anda mengalami masalah tersebut, kali ini Kami akan berbagai informasi metode penyimpanan barang yang paling banyak digunakan oleh pemilik gudang untuk menyimpan barang. Metode penyimpanan barang yang akan Kami informasikan adalah system FIFO.

Apa itu system penyimpanan barang FIFO?

FIFO atau first in first out adalah system penyimpanan barang yang dilakukan dengan barang yang masuk terlebih dahulu maka barang tersebut digunakan terlebih dahulu. Umumnya, penyimpanan barang di gudang yang menggunakan system FIFO adalah barang yang tidak bisa bertahan lama. Seperti untuk makanan yang memiliki waktu kadaluarsa lebih cepat dibandingkan dengan produk jenis lain. Contoh barangnya seperti gula, beras, dan lain-lain.

Bagi Anda yang memiliki gudang dengan jenis barang yang mudah rusak apabila disimpan dalam waktu yang cukup lama, maka system ini adalah pilihan yang tepat.

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Sistem FIFO

Jual Rak Gudang Medium Duty Kualitas Bagus

Perlu diketahui, penggunaan metode atau system penyimpanan barang LIFO atau first in first out tentu saja memiliki berbagai pertimbangan. Karena metode FIFO ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dirasakan oleh Anda sebagai pemilik gudang. Adapun untuk menambah wawasan Anda untuk system FIFO ini adalah sebagai berikut :

Kelebihan sistem FIFO

Ketika Anda perusahaan atau pemilik gudang menggunakan system penyimpanan barang FIFO maka kelebihan yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  1. Barang Lebih Terjaga Kualitasnya

Penggunaan system FIFO dapat menjaga kualitas barang yang disimpan. Karena barang yang pertama masuk lah juga yang nantinya pertama kali keluar Artinya barang tidak akan terlalu lama disimpan. Dengan begitu kualitas barang lebih terjamin serta dapat menghindari terjadinya kerusakan barang massal termasu untuk masa kadaluarsanya. Misalnya untuk penyimpanan beras, jika terlalu lama disimpan maka akan dapat rusak dan mengandung kutu. Jika hal itu terjadi maka akan menimbulkan kerugian yang besar, karena beras tidak dapat lagi untuk diperjualkan.

  1. Harga Lebih Mudah Diatur

Selain dapat menjaga kualitas barang, penggunaan system FIFO lainnya adalah adanya kestabilan harga barang yang disimpan. Karena seperti yang diketahui bahwa tidak selamanya harga dapat selalu sama. Ada kalanya harga tersebut naik dan turun dalam kurun waktu yang tidak bisa ditentukan. Maka dengan adanya system FIFO ini, barang yang masuk pertama kali dengan harga tertentu akan dapat dijual dengan harga yang sama sesuai harapan. Sederhananya harga pembelian tidak akan lebih tinggi dibandingkan harga jual dan pastinya akan memberikan keuntungan yang maksimal.

  1. Pencatatan Yang Lebih Sitematis

Menggunakan system FIFO juga memudahkan Anda ketika melakukan pencatatan barang. Dengan system ini akan memudahkan Anda saat pencatatan. Karena barang yang masuk dan barang yang keluar akan dengan mudah dapat terkontrol dengan baik. Hal ini dimungkinkan karena keluarnya barang dilakukan secara berurutan atau sesuai proses masuk.

Kelemahan Sistem FIFO

Disamping kelebihan yang ditonjolkan dari system FIFO, ternyata system ini juga memiliki kelemahan yang juga harus diperhitungkan. Adapun kelemahannya adalah sebagai berikut :

  1. Kurang Efektif

Apabila pihak atau petugas pergudangan tidak mampu menata letak gudang secara berurutan sesuai tanggal yang masuk tentu saja akan sulit. Penataan yang tidak tepat akan berpengaruh terhadap proses keluar masuknya barang. Juga pastinya agar penataan lebih tepat diperlukan waktu yang cukup lama. Sehingga dapat menguras waktu dan kurang efektif.

  1. Konsumen Tidak Puas Dengan Kualitas Barang

Penggunaan system yang menggunakan barang pertama masuk adalah yang pertama keluar ternyata juga mengurangi kepuasan. Sebab ketika konsumen order sekarang, barang yang didapatkan adalah barang stok lama. Sehingga membuat konsumen berfikiran barang tersebut kualitasnya kurang baik. Untuk menghindari hal tersebut, maka pihak pengelola gudang harus mampu mengatur pemindahan barang – barang secara efisien. Juga efisien sesuai dengan system ini. Jangan menyimpan barang dengan cara ditumpuk namun dibuat berjejer untuk memudahkan dalam pengambilan.

Selain metode penyimpanan barang dengan system FIFO, dapat juga menggunakan system penyimpanan barang LIFO yaitu last in first out. Sistem ini adalah barang yang terakhir masuk maka barang tersebut yang keluar dulu.

Baik system LIFO ataupun FIFO pastinya sama-sama memberikan keuntungan bagi Anda pengelola dan pemilik gudang. Agar lebih mudah dalam penataan barang pada rak gudang Anda bisa konsultasikan pada Kami Dunia Rak Gudang. Kami siap bantu menyelesaikan masalah Anda untuk penyimpanan barang yang tepat berdasarkan jenis barang. Informasi dan konsultasi terkait penyimpanan barang segera konfirmasikan pada Kami.

error: Content is protected !!