Tipe-tipe gudang penyimpanan 3
Tipe-tipe gudang penyimpanan 3

APA SAJA TIPE-TIPE GUDANG PENYIMPANAN (3)

Melanjutkan ulasan kami di artikel sebelumnya di https://www.duniarakgudang.com/article/tipe-tipe-gudang-penyimpanan-2.

Berikut tipe-tipe gudang lainnya :

7.Sortation centres atau gudang sortir

Gudang ini biasanya dipakai oleh perusahaan distribusi parsel dan pallet. Barang-barang dikumpulkan dari berbagai daerah, dikirimkan melalui saluran atau gudang ini, dipisah-pisahkan berdasarkan kode pos, dirangkai dan dikirimkan di malam hari ke area distribusi untuk tahap selanjutnya.

8. Fulfilment centres atau gudang ritel

Pertumbuhan bisnis ritel mengakibatkan peningkatan jumlah gudang semacam ini. Gudang ini dirancang dan diperlengkapi untuk mengatur jumlah besar dari tiap order. Contoh gudang ini seperti gudang retail harian, seperti minimarket, yang dapat mengirim barang ke rumah pelanggan.

9. Reverse logistics centres atau gudang retur

Sekarang ini banyak perusahaan yang menyadari bahwa pengembalian produk untuk disimpan atau dibuang dapat meningkatkan arus kas secara positif. Sebagai akibatnya, ada gudang ini yang didisain khusus untuk menangani barang-barang retur. Biasanya ada pihak ketiga dari perusahaan kontraktor menyediakan jasa ke pengecer di mana pelanggan dapat mengembalikan barang yang rusak ke toko pengecer.

Barang retur dikembalikan dan digabung untuk dikirim k egudang retur. Di sana barang akan dicek dan mungkin dikemas ulang, diperbaiki, didaur ulang atau dibuang.

Proses dari gudang ini bisa juga mengembalikan kemasan yang dapat dipakai ulang seperti keranjang besi, pallet, wadah, tas jinjing, kotak dan lain lain. Tas jinjing dan kotak akan dicuci lebih dulu sebelum dikembalikan lagi ke jalur distribusi.

error: Content is protected !!