Tipe-tipe gudang penyimpanan

Halo,

Senang berjumpa kembali dengan Anda semua.

Kali ini kami berbagi info tentang tipe-tipe gudang penyimpanan. Tujuan kami agar Anda sebagai pengelola gudang, baik itu gudang sewa atau gudang milik Anda sendiri, mengetahui tipe gudang seperti apakah yang Anda kelola.

Dan agar Anda dapat lebih efisien menerapkan cara-cara pengelolaan terbaik untuk gudang Anda.

Gudang dapat dikelola dan dioperasionalkan oleh penyedia bahan baku material, oleh pabrikan, pihak distributor atau pihak-pihak lainnya dalam rantai persediaan barang.

APA SAJA TIPE-TIPE GUDANG PENYIMPANAN

1. Raw materials storage atau gudang bahan baku atau bahan mentah

Gudang penyimpanan barang baku atau mentah industri dan komponen yang akan segera diproduksi oleh
pabrikan

2. Intermediate, postponement, customization or sub assembly facilities, gudang barang setengah jadi, bahan baku dicustom, dan perakitan komponen

Gudang untuk menyimpan hasil produksi di berbagai tingkatan, yaitu barang setengah jadi, barang baku yang dibuat sesuai permintaan. Atau barang-barang yang harus dirakit sebelum diserahkan ke pihak distributor atau logistik.

Operasional gudang tipe ini biasanya terdiri dari pengepakan khusus atau memberi label kemasan. Misalnya dikemas bahasa berbeda, perakitan komponen komputer, penempelan stiker prilaku khusus untuk barang-barang mudah pecah.

3. Finished goods storage atau gudang produk jadi

Gudang untuk menyimpan hasil produk jadi, siap untuk dijual kepada pabrikan, perusahaan grosir, dan pengecer. Gudang ini menyediakan banyak dan stock cukup memadai untuk 3 perusahaan-perusahaan itu.

Menolong mereka untuk peluncuran produk baru dan meresponi peningkatan permintaan barang musiman.

4. Consolidated centres and transit warehouse atau produk atau

Gudang ini menerima berbagai produk dari berbagai sumber dan merangkai barang itu untuk pengiriman ke pelanggan atau ke lini produksi lainnya.

Gudang ini biasanya adalah gudang just in time. Gudang spare part mobil adalah tipe ini. Di mana spare part mobil dikirimkan ke gudang dan spare part mobil didistribusikan secara urutan waktu kepada lini produksi lainnya. Juga biasanya merupakan gudang pengecer ke toko-toko

 

 

error: Content is protected !!